Cara Mengatur Keuangan - 7 Cara Mudah Menabung

Terkadang hal tersulit tentang menabung adalah memulai. Panduan langkah demi langkah cara mengatur keuangan untuk menghemat uang ini dapat membantu Anda mengembangkan strategi yang sederhana dan realistis, sehingga Anda dapat menabung untuk semua tujuan tabungan jangka pendek dan jangka panjang Anda.

1. Catat pengeluaran Anda

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak yang Anda belanjakan. Pantau semua pengeluaran Anda — itu artinya setiap kopi, barang rumah tangga, dan tip uang tunai.

Setelah Anda memiliki data, atur angka berdasarkan kategori, seperti gas, bahan makanan dan hipotek, dan totalkan setiap jumlah. Gunakan kartu kredit dan laporan bank Anda untuk memastikan Anda akurat — dan jangan lupa.

2. Anggaran untuk penghematan

Setelah Anda memiliki gagasan tentang apa yang Anda belanjakan dalam sebulan, Anda dapat mulai mengatur pengeluaran Anda yang tercatat ke dalam anggaran yang bisa diterapkan. Anggaran Anda harus menjelaskan bagaimana pengeluaran Anda sesuai dengan penghasilan Anda — sehingga Anda dapat merencanakan pengeluaran dan membatasi pengeluaran berlebihan. Pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran yang terjadi secara rutin tetapi tidak setiap bulan, seperti perawatan mobil.

3. Temukan cara Anda dapat memotong pengeluaran Anda

Jika pengeluaran Anda sangat tinggi sehingga Anda tidak bisa menabung sebanyak yang Anda suka, mungkin sudah waktunya untuk mengurangi. Identifikasi hal-hal yang tidak penting yang dapat Anda habiskan lebih sedikit, seperti hiburan dan makan malam. Cari cara untuk menghemat pengeluaran bulanan tetap Anda seperti televisi dan ponsel Anda juga.

Berikut adalah beberapa ide untuk memangkas pengeluaran sehari-hari:


  • Gunakan sumber daya seperti daftar acara komunitas untuk menemukan acara gratis atau berbiaya rendah untuk mengurangi pengeluaran hiburan.
  • Batalkan langganan dan keanggotaan yang tidak Anda gunakan — terutama jika diperpanjang secara otomatis.
  • Berkomitmen untuk makan hanya sebulan sekali dan mencoba tempat-tempat yang termasuk dalam kategori "makan murah".
  • Beri diri Anda "masa pendinginan": Ketika tergoda oleh pembelian yang tidak penting, tunggu beberapa hari. Anda mungkin senang Anda lulus — atau siap menabung untuk itu.


4. Tetapkan tujuan tabungan

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menetapkan tujuan. Mulailah dengan memikirkan apa yang mungkin ingin Anda tabung — mungkin Anda akan menikah, merencanakan liburan, atau menabung untuk masa pensiun. Kemudian cari tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan dan berapa lama mungkin Anda harus menyimpannya.

5. Tentukan prioritas Anda

Setelah pengeluaran dan penghasilan Anda, sasaran Anda cenderung memiliki dampak terbesar pada bagaimana Anda mengalokasikan tabungan Anda. Pastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang — penting bahwa perencanaan pensiun tidak mundur dari kebutuhan jangka pendek.

6. Jadikan penghematan otomatis

Hampir semua bank menawarkan transfer otomatis antara rekening giro dan tabungan Anda. Anda dapat memilih kapan, berapa banyak dan di mana untuk mentransfer uang atau bahkan membagi setoran langsung Anda sehingga sebagian dari setiap gaji masuk langsung ke rekening tabungan Anda.

7. Pantau Terus Tabungan Anda

Tinjau anggaran Anda dan periksa kemajuan Anda setiap bulan. Ini tidak hanya akan membantu Anda tetap pada rencana tabungan pribadi Anda, tetapi juga membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat. Memahami cara menghemat uang bahkan dapat menginspirasi Anda untuk menemukan lebih banyak cara untuk menabung dan mencapai tujuan Anda dengan lebih cepat.

Komentar

Postingan Populer